Pencarian

Powered by Blogger.
Flag Counter

Followers

Monday 25 February 2013

Korea Utara uji coba nuklir ketiga



Korea Utara uji coba nuklir ketiga
misil korea utara. REUTERS


Korea Utara hari ini menyatakan uji coba ketiga nuklirnya berlangsung sukses.

Stasiun televisi CBS melaporkan, Selasa (12/2), ledakan yang terasa di bawah tanah dengan kedalaman sekitar satu kilometer itu bisa membawa Korea Utara semakin dekat untuk mencapai tujuannya membuat hulu ledak nuklir yang bisa dipasang di peluru kendali untuk mengancam Amerika Serikat.

Sebuah badan pemantau nuklir internasional menyebutkan lokasi gempa berada di tempat uji nuklir pada 2006 dan 2008.

Korea Utara menyebutkan nuklir yang berhasil mereka buat itu berukuran lebih kecil dan ringan namun mempunyai dampak ledakan lebih besar. Mereka juga menyatakan uji coba nuklir kali ini tidak akan berdampak negatif bagi lingkungan di sekitar lokasi.

Gedung Putih menyatakan uji coba nuklir Korea Utara itu merupakan tindakan provokatif yang bisa mengancam keselamatan Amerika dan dunia.

Dalam pernyataan dikeluarkan hari ini Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama menyatakan berjanji meneruskan langkah yang diperlukan untuk melindungi Amerika dan sekutunya. Dia juga mendorong dunia internasional mengambil tindakan tegas atas aksi Korea Utara itu. Aksi itu, kata dia, membuat posisi Korea Utara menjadi tidak aman.

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak telah menyerukan agar Dewan Keamanan menggelar rapat darurat hari ini buat membahas insiden itu.

0 comments:

About Author

My photo
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Nothing Special Abaut Me